Terapi NLP: Menciptakan Master Komunikasi Yang Komunikatif

Category:

Books

Genre:

Health, Mind & Body

Author:

Dr. Ibrahim Elfiky, Peresensi : Ferry Dj

Judul : Terapi NLP
Menciptakan Master Komunikasi Yang Komunikatif

Karya : Dr. Ibrahim Elfikky

Terbitan Asli : The Canadian Training Center of NLP, 2000

Penerjemah : Zubaedah

Penerbitan Edisi Bahasa Indonesia :
Penerbit Hikmah (PT.Mizan Publika)

Halaman : xiv + 182

Peresensi : Ferry DJajaprana

Sinopsis Singkat

Kebanyakan orang cenderung ingin mengubah orang lain dari pada mengubah diri mereka sendiri. Berharap orang lain berubah memang jalan keluar yang mudah. Akan tetapi, sayangnya seringkali hal ini berakibat pada timbulnya masalah-masalah yang lebih sulit diatasi, seperti perceraian, menganggur lama, ketidak bahagiaan, atau lebih buruk lagi.

Menurut DR. Ibrahim Elfiky, Ketika perhatian kita terfokus untuk menyalahkan orang lain, kita akan kehilangan energi, kekuatan dan waktu kita. Lebih baik, fokuskan energi kita guna menggali kekuatan-kekuatan positip yang tersembunyi pada diri kita dan manfaatkanlah semua potensinya untuk menjadi orang yang selalu diinginkan, melalui NLP kita akan diajak menuju kehidupan yang lebih berarti. Pada akhirnya kita akan menjadi komunikator handal apabila kita mampu mengontrol penilaian dan persepsi kita.

Melalui karyanya : Terapi NLP, Neuro Linguistic Programming, Menciptakan Master Komunikasi Yang Komunikatif, DR. Ibrahim Elfiky, maestro motivator kaliber dunia, mengajak kita untuk memperbaiki cara berkomunikasi kita yang salah.

Lebih lanjut Elfiky menjelaskan tentang NLP, NLP adalah singkatan dari : Neuro-Linguistic Programming. Neuro mengacu pada sistem saraf yang memfungsikan kelima indra : penglihatan, pendengaran, perasa, pengecap, dan penciuman. Linguistik mengacu pada kemampuan berbahasa kita secara verbal atau lisan dan non verbal. Program mengacu pada pikiran, perasaan dan tindakan kita.

Kisah penemuan NLP berawal dari Richard Bandler, sekitar tahun 1970-an, mencoba membuat model yang disebut Program Pembentukan Manusia Sempurna, dengan cara menjiplak strategi-strategi pribadi dan tingkah laku kemudian mencobanya kepada orang lain, hasilnya sangat memuaskan dan penemuannya menjadi landasan NLP. Bandler bekerja sama dengan kawannya Dr. Jon Grinder, seorang profesor Linguistik dan menyinergikan keahlian mereka dibidang komputerisasi, Linguistik dan kemampuan luar biasa mereka dalam membuat model perilaku non verbal manusia. Mereka menciptakan “bahasa perubahan” yang baru. Penelitian mereka meruncing pada “Pembentukan Manusia Sempurna”. Lalu mereka mendirikan perusahaan NLP yang dikenal sebagai masyarakat pembelajar NLP.

Asumsi dasar NLP merupakan serangkaian asumsi yang dibangun untuk membentuk pola sudut pandang kita dalam melihat perilaku, proses perolehan informasi, dan nilai-nilai pribadi. Asumsi-asumsi dasar ni menawarkan serangkaian panduan baku. Ini memungkinkan seseorang mempraktekkan seni dan ilmu NLP untuk mencapai prestasi tinggi.

Untuk belajar NLP, pertama, hormati orang lain untuk membuat dunianya sendiri karena setiap manusia memiliki serangkaian nilai dan kepercayaan yang melatar belakangi setiap tingkah lakunya. Kedua, belajar memahami bahwa peta bukanlah wilayah. Maksudnya peta adalah persepsi kita dan wilayah adalah hidup kita. Perumpamaan tersebut untuk menekankan kepada kita bahwa persepsi itu tidaklah sama dengan kenyataannya. Ketiga, Selalu ada maksud baik (hikmah) dibalik setiap tindakan. Ke empat, orang-orang melakukan hal-hal terbaik sebatas sumber-sumber yang mereka miliki. Jadi apabila pengetahuan kita bertambah, maka akan membantu kita di dalam mengambil keputusan. Menggunakan konsep kemitraan, karena sebenarnya tidak ada orang yang kaku, melainkan hanya komunikator yang kurang fleksibel.

Manusia memiliki dua tingkatan komunikasi : Sadar dan bawah sadar. Pikiran sadar manusia hanya menyerap 7 informasi, dalam satu waktu. Lain halnya dengan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar mampu menyerap lebih dari 2 juta informasi setiap detiknya. Ini menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar tak terbatas, berbagai kejadian dan perilaku orang lain terekam dalam pikiran bawah sadar. Singkatnya, program jangka panjang ini menentukan karakter kita. Untuk itu selalulah berfikir positip (khusnudzon).

Setiap orang memiliki cukup sumber guna berubah ke arah yang lebih positip, sumber-sumber itu terletak pada pengalaman masa lalu masing-masing. Karena masa lalu merupakan sumber tak terbatas, bisa kita gunakan untuk relaksasi, cinta-kasih dan komunikasi yang lebih baik. Wajah dan tubuh juga mencerminkan pemikiran kita, oleh karenanya tubuh dan pikiran saling mempengaruhi. Saat menghadapi tantangan, berhati-hatilah dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh kita. Jika situasinya menuntut reaksi cepat, katakan kepada diri kita ”Hapus”, dan sesuaikan postur tubuh kita, tersenyum, tegaskan kepada diri sendiri, “saya bisa mengatasinya.” Maka kita telah berada di jalan menuju penguasan pikiran kita. Yang perlu diingat adalah jika sesuatu mungkin bagi seseorang, maka hal itu juga mungkin bagi yang lain. Saya bertanggung jawab tentang pemikiran saya. Oleh karena itu, saya juga bertanggung jawab akan hasil yang saya peroleh.

Keputusan adalah hal terpenting yang mendasari kesuksesan, itulah formula utama. Langkah pertama adalah menyadari langkah yang harus dilakukan, buat keputusan, keputusan yang diambil harus diiringi dengan keteguhan hati dan percayalah bahwa perubahan adalah niscaya. Harus belajar bagaimana caranya berubah, dalam pembelajaran komunikasi kita harus mengontrol emosi dan penilaian, guna memahami orang lain.

Sadari, Mulailah menyadari kebiasaan dan tingkah laku kita bagaimana kita bernapas, berkomunikasi dan bertindak dibawah tekanan, kemudian buatlah Keputusan, untuk bertindak dan berubah, belajarlah kecakapan baru, baca, ikut seminar, kursus-kursus , Lakukan bertahap, sedikit demi sedikit, terus menerus, setiap hari apapun yang terjadi, berlatihlah terus setiap hari sampai menjadi bagian hidup kita, Konsisten, disiplin, apapun yang terjadi jangan pernah berhenti.

Jika berhadapan dengan tantangan atau masalah, orang-orang bereaksi sesuai dengan kepercayaan dan program masa lalu dalam pikiran mereka, kontrollah reaksi bawah sadar, perhatikan dan sadari, tarik napas dalam-dalam, ubahlah respons tubuh kita, Katakan “Saya bisa mengontrol reaksi saya”, dan fokus pada pesan bukan kata-kata orang lain.

Fokus menentukan penilaian perasaan kita. Konsentrasi dan fokus kita bisa negatif atau positif. Biasanya yang negatif lebih sering berperan. Tetapi kita dapat mengontrol dan merubahnya. Ibarat ungkapan bahasa Sansekerta : “Kemana perhatian kita tertuju, ke sanalah energi kita mengalir dan hasilnya akan terwujud.”

Generalisasi dan pemilahan pengalaman terjadi terlebih dahulu, kecermatan diperlukan untuk menangkap esensi dan fokus. Generalisasi adalah proses memperoleh beberapa peristiwa terjadi. Ini merupakan kemampuan mempelajari dan menyimpan data dalam otak kita secara sadar tanpa mengulangi data yang sama. Setelah itu baru dipilah, pemilahan merupakan proses pemilahan dari beberapa aspek suatu pengalaman.

Ada beberapa tahapan persepsi, pesan diterima, kemudian pesan disaring dan diberi makna berdasarkan nilai-nilai kepercayaan, dan latar belakang. Pesan dievaluasi, emosi ditambah, diikuti sikap tubuh: ekspresi wajah, gerak tubuh, dan kecepatan napas, kemudian bereaksi. Karena proses tahapan-tahapan ini sangat cepat, persepsi negatif mudah mengantarkan kita pada kesimpulan keliru sehingga terjadilah komunikasi yang buruk.

Untuk mengatasi persepsi negatif ketika sedang berkomunikasi, pergunakan “senam mental” berikut ini : Lihat situasi dari sudut pandang kita, Lalu lihat dari sudut pandang dari orang lain, alangkah baiknya kita memahami perilaku seseorang, sekarang, coba lihat dari sudut pandang netral, tak memihak. Selayaknya sudut pandang orang bijak, jangan mencampuradukkan emosi.

Dengan menggunakan kerangka solusi, kita bisa mengontrol emosi kita. Sehingga apabila mengahadapi suatu tantangan kita dapat memfokuskan energi pikiran kita pada pencarian solusi dari pada berkutat dengan masalah. Kerangka solusi adalah serangkaian pertanyaan yang mengarahkan pikiran dan membantu kita mengetahui apa yang kita inginkan. Kerangka ini akan membantu kita untuk menemukan potensi kita dengan cara mengontrol emosi. Kerangka solusi memandu untuk bergerak ke arah yang diinginkan, memutuskan apa yang paling diinginkan dan bagaimana mewujudkannya, memutuskan apa yang kita rasakan, punya lebih banyak pilihan. Kerangka solusi dilandasi dari dua prinsip : Jika sesuatu itu mungkin bagi seseorang di dunia ini, itu juga mungkin bagi saya. Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik yang kurang tepat.

Sebagai manusia, kita berinteraksi dengan dunia kita melalui panca indera kita. Kelima indera kita mengacu pada sistem representasi, penaman, mengatur, menyimpan dan menghubungkan kita dengan dengan alat penyaring persepsi kita. Sistem ini terdiri dari lima sub sistem : visual, auditori, olfaktori (penciuman), gustatori (pengecapan), dan kinestetik. Meskipun kelima indera kita bekerja tanpa henti salah satu indera bekerja lebih dominan daripada yang lain, masing-masing orang itu unik. Untuk memahami tipe-tipe lima sub sistem tersebut, kita bisa mengetahuinya dengan piliha-pilihan kata (predikat) yang digunakan.

Pengetahuan tentang 3 “V” (Verbal, vocal dan Visual) mengajarkan kepada kita bagaimana kata-kata dapat memberi pengaruh positip. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran : “Perkataan yang baik laksan pohon yang akarnya menghujam ke bumi, dan pucuknya menjulang ke langit.” Aspek lisan hanya mencakup 7% dari keseluruhan proses komunikasi. Vocal bernilai lebih 38%, dan Visual mewakili 55% dari proses komunikasi keseluruhan.

Terakhir, Elfiky menjelaskan bahwa kita bisa melakukan apapun jika kita bisa. Pengetahuan merupakan anugerah Tuhan, dengan keyakinan, kita bisa menyelesaikan setiap masalah manusia. Tentu saja, kita pasti bisa menjadi komunikator yang hebat.

O p i n i :

Orang yang fleksibel akan lebih mudah mengontrol dirinya. Dalam berkomunikasi dapat dinilai dari respons yang diperoleh. Kuncinya, sesuaikan pendekatan komunikasi kita dengan dengan respons yang diinginkan. Tetaplah fokus pada tujuan pencapain respons yang diinginkan. Orang cenderung memandang hari-hari buruk mereka sebagai kegagalan, tantangan dan kalah adalah biasa, tidak ada kegagalan melainkan hanya umpan balik yang kurang tepat. Maju terus, ambil resiko, evaluasi, selaraskan, gunakan pengalaman-pengalaman terdahulu dan gunakan pengetahuan kita untuk meraih sukses. Setiap pengalaman memiliki struktur tersendiri. Jika kita mengubah strukturnya, dengan sendirinya pengalaman kita akan berubah.

Pribadi besar berhasil mencapai cita-cita mereka karena mereka memiliki keyakinan yang kuat, memiliki energi yang besar yang mendorongnya untuk terus melaju, penguatan ini hanya dengan afirmasi kata-kata “Saya bisa melakukannya.., saya bisa melakukannya..”, suatu kata yang penuh waskita dan ide yang luar biasa. Serta tindakan konsistenlah yang membawa perubahan dalam hidup.

Saran Peresensi:

Dewasa ini NLP menjadi jantung bagi berbagai pendekatan komunikasi dan perubahan, menjiwai setiap aspek kehidupan manusia. Teknik-teknik dan strategi NLP dipakai untuk berbagai keperluan seperti terapi, manajemen, pendidikan, kesehatan dan penjualan. Peran terbesar NLP adalah membantu manusia berkomunikasi lebih baik dengan diri mereka sendiri, mengurangi ketakutan tanpa alasan, mengontrol emosi negatif dan kecemasan. NLP berhubungan dengan segala sesuatu yang mendasari terjalinnya hubungan keselarasan dengan siapa saja, bahkan dengan pribadi yang tersulit.

Kata “Improvement” yang artinya perbaikan berawal kata “I”, artinya apabila kita ingin memperbaiki cara berkomunikasi kita langkah yang tepat adalah diri kita sendiri sebelum ingin merubah orang lain. Pun pula apabila kita menunjuk kepada orang lain dengan jari telunjuk, maka empat jari lainnya menunjukkan ke arah diri kita. Maknanya, begitu penting merubah diri sendiri. Jadi, langkah yang paling bijak segeralah perbaiki cara komunikasi kita untuk menjadi Master komunikasi yang komunikatif.

Berubahlah sedikit demi sedikit, karena kalau drastis rasa sakit akibat perubahan akan terasa yang akan memicu penolakan terhadap perubahan tersebut.Itulah perlunya melakukan perubahan sedikit demi sedikit. Langkah kecil keberhasilan tapi bertahap memudahkan kebiasaan baru itu menjadi otomatis. Penyebabnya, perubahan yang teradopsi dengan baik terekam di dalam otak bawah sadar kita. Dari sanalah perubahan itu menjadi kebiasaan baru, perilaku, dan sikap baru yang menggantikan yang lama. Sekarang masuk ke tahap latihan, kita perlu melakukannya sesering mungkin karena keinginan untuk pindah ke kebiasaan lama kerap timbul. Langkah terakhir : Konsisten, Misalnya kita telah melakukan langkah-langkah tersebut dan mencapai tujuan, tetapi jika kita tidak konsisten melakukannya, kemungkinan besar kita akan kembali ke kebiasaan semula. Apapun tujuan yang ingin kita raih, “change model” ini harus menjadi bagian dari hidup kita. Sekali lagi, selagi kita masih bernapas dan makan, jadikan komunikasi bagian dari hidup kita.

Terakhir, terapi NLP Neuro Linguistic Programming ini, cocok diterapkan di perusahaan kita, PT. Astra Otoparts Tbk, guna menciptakan Master Komunikasi yang komunikatif, sesuai dengan kata-kata mutiara, hukum alam yang paling umum, orang yang paling sukses adalah orang yang mempunyai informasi baik, informasi baik hanya bisa diperoleh dengan komunikasi yang baik pula.

Peresensi,
Jakarta, Akhir November 2007.

Ferry Djajaprana

One response to “Terapi NLP: Menciptakan Master Komunikasi Yang Komunikatif

  1. Sip pak. kata pak ronny, nlp itu mudah dan mempermudah. buku dr. ibrahim elfiky yang lain, 10 langkah menuju sukses juga cukup mudah utk dipahami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s